Wisata Tema Alam Di Jakarta

pesonaindonesia.org Jakarta yang merupakan tempat ibukota dimana para manusia senja berkumpul untuk berupaya menjadi manusia indie. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Wisata Tema Alam Di Jakarta.Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Wisata Tema Alam Di Jakarta

1. Setu Babakan yang jadi pusat budaya Betawi
Setu Babakan merupakan danau yang terletak di tengah kota dan dikelilingi oleh perkampungan penduduk. Memiliki luas sekitar 32 hektar, setu ini terletak di antara dua danau buatan; Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan. Ada banyak kegiatan air yang bisa kamu lakukan di tempat ini, yang paling favorit adalah lokasi orang memancing ikan.

Daya tarik lain dari Setu Babakan adalah tempat ini merupakan lokasi pusat budaya Betawi. Statusnya bahkan sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Pusat-pusat pelestarian budaya Betawi terletak di zona-zona berbeda Setu Babakan. Seringkali juga digelar atraksi budaya Betawi di lokasi ini.

2. Taman Cattleya, dulu tempat mesum, kini favorit keluarga
Taman ini seakan menjadi paru-paru bagi lingkungan sekitarnya yang sudah didominasi perumahan dan gedung-gedung beton. Dulunya taman ini bernama Taman Tomang, sesuai dengan nama daerah. Kala itu, taman ini memiliki reputasi buruk karena kumuh, terbengkalai, rusak, dan bahkan menjadi lokasi mesum. Semak belukar tak teratur dan berbagai benda berserakan tak teratur di sini. Lokasinya memang berada di samping jalan layang yang padat.

Setelah perbaikan yang dilakukan pada 2013, taman ini berganti wajah menjadi indah, terawat, dan menyenangkan untuk dikunjungi. Namanya pun diganti menjadi Cattleya. Setiap pagi, taman yang juga dilengkapi danau kecil ini menjadi favorit warga untuk berolahraga. Berjalan menyusuri Taman Cattleya ini juga menyenangkan, bisa membuat adem pikiran. Taman ini juga memiliki banyak wajah karena bisa menunjukkan latar belakang pemandangan yang beragam jika dilihat dari sisi yang berbeda.

3. Island hopping di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten yang berada di lepas pantai Jakarta. Ada ratusan pulau, kebanyakan tidak berpenghuni, yang banyak menyimpan potensi wisata yang berbeda. Ada pulau yang kaya akan sejarah, yang eksotis, dan pulau yang disulap menjadi resor eksklusif kelas atas.

Kepulauan ini memiliki banyak sekali tujuan wisata yang terpencar di laut Jawa. Untuk mencapainya, kamu bisa memilih beberapa pelabuhan di Jakarta dan Banten. Yang paling populer adalah Marina Ancol. Sementara itu, beberapa pulau yang paling populer antara lain adalah Pulau Tidung, Onrust, Pari, Bidadari, dan lain-lain.

4. Bumi Perkemahan Cibubur, lebih dari sekadar tempat camping
Meski namanya bumi perkemahan, bukan berarti tempat ini bisa digunakan sebagai venue camping saja. Ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu coba di sini, meski fungsi utama dari area seluas 210 hektar ini memang untuk pengembangan Pramuka dan lokasi berkemah. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur sudah berkali-kali menjadi lokasi Jambore Nasional gerakan pramuka.

Buperta Cibubur juga memiliki danau yang bisa dieksplorasi dengan menaiki perahu. Fasilitasnya juga lumayan lengkap, baik bagi yang datang untuk berkemah maupun yang mampir untuk berwisata saja. Kamu bisa bermain air di kolam dengan kedalaman yang beragam, pas untuk seluruh anggota keluarga. Ada mushola, kantin, dan taman lalu lintas.

5. Belajar menyayangi alam di Allianz Ecopark
Ecopark ini berusaha menyajikan paket wisata edukasi kepada para pengunjungnya. Taman seluas 34 hektar ini dulunya adalah sebuah lapangan golf di kawasan Ancol yang kemudian disulap menjadi taman sejuk. Bukan hanya untuk mendinginkan diri dari udara panas, taman ini juga mengajarkan tentang pentingnya green lifestyle kepada semua yang datang.

Ada empat zona di Allianz Ecopark. Zona Eco-Care menyediakan berbagai permainan seru, Eco-Art yang memamerkan berbagai pertunjukan seni, Eco-Nature menyediakan pembelajaran tentang hewan dan tumbuhan dan Zona Eco-Energy memberikan pembelajaran tentang pemanfaatan energi yang ramah lingkungan.

Baca Juga : Wisata Papua Kalahkan Raja Ampat

6. Menyusuri Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Kawasan pesisir biasanya menjadi kawasan panas karena elevasinya yang memang rendah. Udara di pinggir laut, terutama di sekitar kota besar seperti Jakarta selalu gerah. Tapi tidak jika kamu datang ke Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sini, kondisinya lebih sejuk karena hutan bakau (mangrove) dirawat dengan baik. Bukan hanya dibiarkan hidup, mangrove di sini juga ditata sedemikian rupa sehingga menjadi indah untuk dikunjungi.

Kamu bisa menyusuri keindahan kawasan bakau di sini dengan berjalan di atas geladak yang rapi atau naik perahu bersama-sama. Ingin yang lebih eksklusif, sewalah kano atau sepeda air! Kalau kamu memang peduli dengan alam, kamu juga bisa belajar di kursus singkat tentang cara menanam mangrove. Sunset di sini juga cukup cantik dan kalau kamu ingin menikmatinya tanpa terburu-buru pulang, kamu bisa menginap di salah satu pondoknya.

7. Taman tua penuh misteri, Taman Suropati
Taman Suropati adalah taman tua yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dulunya nama taman ini adalah Burgemeester Bisschopplein, diambil dari nama walikota pertama Batavia; G.J. Bishop. Taman ini terletak di kawasan elit Menteng, berada di pertemuan tiga jalan penting Menteng Boulevard (kini Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (kini Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard ( kini Jalan Imam Bonjol). Konon, taman ini juga disebut sebagai titik nol Republik Indonesia.

Taman ini juga memiliki banyak cerita mistis yang susah dicerna logika. Kamu bisa bertanya soal misteri di taman ini kepada para pedagang yang berada di sekitarnya. Taman ini juga menyimpan karya pematung dari Negara-negara ASEAN yang diberi tajuk ‘The Spirit of ASEAN’.

8. Wisata murah di Kebun Binatang Ragunan
Seperti kebanyakan kebun binatang lainnya, Ragunan adalah salah satu destinasi wisata murah meriah bernuansa alam yang ada di Jakarta. Ragunan adalah kebun binatang tua, berdiri sejak 1864. Memiliki luas area sekitar 140 hektar, Ragunan punya koleksi ratusan spesies hewan dan menawarkan lingkungan yang hijau serta sejuk.

Selain koleksi hewannya, Kebun Binatang Ragunan juga sangat populer sebagai tempat berolahraga bagi warga sekitarnya. Tentu pada musim liburan, situasinya sangat ramai. Namun pada hari-hari normal, terutama pada pagi hari, Ragunan adalah tempat yang sangat ideal untuk jogging. Udara yang bersih dan sejuk membuatnya sangat nyaman untuk dijelajahi.