Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi

Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi

Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi – Banyak objek-objek wisata atau pesona alam yang terdapat di Kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Pesona Alam yang ada di kota medan merupakan salah satu dedikasi pemerintahan kota untuk kemajuan kota medan.

Kota Medan merupakan salah satu kota besar, bahkan merupakan ibu kota dari propinsi Sumatera Utara. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun belakangan. Kota yang identik dengan Danau Toba ini juga cukup terkenal sebagai kota wisata.

Apalagi dengan kehadiran bandara internasional Kuala Namu yang sudah aktif dengan transportasi umum yang sudah nyaman. Medan memiliki daya tarik wisata, terutama wisata alam. Salah satu wisata alam di Medan yang cukup memanjakan mata adalah taman bunga. Berikut beberapa taman bunga di Medan yang bisa dikunjungi ketika berlibur di sana.

Mari, kita telusuri Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi oleh para wisatawan baik dari mancanegara maupun  dari wisatawan dari domestik, yakni :

1. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika PramukaTaman Cadika Pramuka merupakan salah satu taman bunga Medan yang berada di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Taman bunga ini dibangun pada tahun 2012 lalu. Luasnya mencapai 5.000 meter persegi dan memiliki suasana khas taman yang sangat asri dan hijau. Di sana ada banyak pohon rindang.

Beberapa jenis pohon yang ada di sana antara lain smahoni, flamboyan, tanjung, kihujan, manggis, ketapang, rukam, kelapa, nam-nam, dan masih banyak lagi. Selain itu, berbagai jenis bunga mengisi beberapa bagian taman yang memberi warna tertentu.

Uniknya, taman yang juga banyak dikunjungi wisatawan ini juga memiliki danau buatan kecil yang menambah kesan asri dan sejuk. walau berukuran tidak terlalu besar, danau tersebut sangat indah dan memiliki air yang tenang. Udara di taman ini sangat segar karena dikelilingi oleh flora yang banyak. Wisatawan yang datang akan merasakan ketenang dan rasa rileks. Apalagi di taman ini juga ada banyak bangku taman untuk wisatawan tetap merasa nyaman.

Di taman tersebut juga tersedia dua buah jembatan gantung yang bisa dinikmati wisatawan. Jembatan gantung itu membelah danau dan bisa dilewati. Bahkan banyak wisatawan yang berburu foto di tempat tersebut.

Baca Juga : Pesona Alam di Pulau Weh

2. Taman Sri DeliTaman Sri Deli

Taman Sri Deli merupakan sebuah taman yang memiliki nilai sejarrah tinggi dan merupakan peninggalan Kesultanan Melayu Deli. Posisinya ada di Jalan Masjid Raya, dan tidak jauh dari Istana Maimun. Taman Sri Deli sudah ada sejak masa Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam. Tujuan pembangunannya adalah untuk tempat bersantai keluarga Sultan Deli. Namun pada masa tersebut taman ini bernama Derikanpark.

Walau taman ini dahulu sempat terbengkalai, sekarang taman ini sudah direvitalisasi. Hal ini menyebabkan kondisinya jauh lebih baik, terawat, dan patut dikunjungi banyak wisatawan. Di tengah taman juga ada kolam trapesium, dan kolam ini dirawat dan dibersihkan sehingga selalu terlihat baik dan indah.

Selain kolam, sarana dan prasana lain di taman ini juga banyak, di antaranya terdapat toilet, tong sampah, serta bangku-bangku taman yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Di taman Sri Deli ini juga ada beberapa foto memory yang fungsinya mirip seperti museum. Di sana ada beberapa foto tentang sejarah Taman Sri Deli dan kekuasaan Kesultanan Melayu Deli pada masa yang lalu.

3. Taman Edukasi Avros

Taman Edukasi Avros

Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi yang ketiga adalah Taman Edukasi Avros merupakan sebuah taman yang berada di Jalan Avros, No. 60B Kota Medan. Taman ini berlokasi di tepian Sungai Deli Medan. Diresmikan pada 25 September 2014, taman ini semakin terkenal namanya dan banyai wisatawan yang datang.

Taman ini memang cocok dikunjungi untuk melepas penat karena memiliki suasana yang tenang. Selain itu dan banyaknya pepohonan hijau di sana menjadikannya sebagai tempat yang sangat rindang, asri, dan sejuk.

Selain itu, Taman Edukasi Avros ini ternyata juga memiliki program sekolah alam. Wisatawan tidak hanya bisa berwisata melainkan bisa juga belajar mengenai jenis-jenis tumbuhan, sayuran, buah-buahan, obat-obatan herbal, dan sebagainya. Taman Edukasi Avros juga memiliki wahana outbound yang bisa dinikmati. Di sana ada paint ball, flying fox, halang rintang, dan juga olahraga memanah.

4. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani

Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi selanjutnya adalah Taman Ahmad Yani. Taman ini berada di perbatasan antara Jalan Sudirman dengan Jalan Imam Bonjol Medan. Diberi nama Taman Ahmad Yani adalah dikarenakan ada Monumen Patung Ahmad Yani. Monumen tersebut tingginya mencapai 11 meter.

Taman Ahmad Yani sangat asri dan sejuk. Taman seluas dua hektar ini memiliki pepohonan hijau yang rimbun. Selain itu di sana juga terdapat beberapa fasilitas olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh masyaeakat sekitarnya, seperti jogging track dan alat-alat olahraga lain.

Selain itu ada juga beberapa wahana permainan untuk anak-anak yang bisa membuat anak betah berada di sana. Taman ini cocok untuk wisata keluarga atau wisata olahraga.

5. Taman Beringin

Taman Beringin

Taman Beringin Medan berada di perbatasan antara Jalan Cik Di Tiro dan Jalan Sudirman, Kota Medan. Seperti taman-taman sebelumnya, taman ini juga sangat asri. Bahkan bagian dalam taman ditata seperti hutan kota, lengkap dengan sebuah kolam air mancur yang menambah kesan asri dan nyaman.

Pengunjung taman kebanyakan datang ke sana untuk sekadar melepas penat dan refreahing. Selain itu taman ini cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Taman Beringin sebenarnya adalah lambang persahabatan antara Kota Medan dengan Amerika Serikat. Taman ini diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2014, tepatnya pada kunjungan para awak kapal USS David Angkatan Laut AS yang datang ke Indonesia untuk melakukan latihan bersama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pertahanan maritim kedua belah pihak.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kalimantan Timur

6. The Le Hu Garden

 The Le Hu Garden

Jika kamu mencari taman yang penuh dengan bunga warna warni di Medan, maka datanglah ke The Le Hu Garden. Di sana akan disuguhkan pemandangan flora yang penuh, cantik, dan sangat luas.

Taman ini sekarang cukup populer di kalangan masyarakat Medan. Pasalnya, lokasinya juga mudah dijangkau. Warga Medan hanya tinggal pergi ke daerah Patumbak, Deli Serdang yang jaraknya dekat dari Kota Medan.

Saat hari libur atau weekend, taman ini sering dijadikan jujugan bagi warga Medan yang ingin melepas penat. Wisatawan juga banyak yang berasal dari kalangan anak muda karena tempat ini adalah lokasi yang bagus untuk hunting foto.

7. Taman Labirin

Taman Labirin

Salah satu Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi adalah berada di kawasan wisata Danau Toba, ada sebuah cafe yang memiliki keunikan tersendiri di Medan dan sekitarnya. Pasalnya, cafe ini memiliki daya tarik sebuah taman labirin yang bisa didatangi oleh mereka yang ingin mencoba menelusurinya. Namanya adalah Taman Labirin.

Taman labirin ini terbentuk dari pepohon hijau yang tersusun rapi. Bentuknya melingkar-lingkar dengan rute tertentu dan akan mengingatkan pengunjung pada cerita di negeri dongeng.

Untuk masuk Taman Labirin, pengunjung wajib membeli tiket masuk. Pengunjung bisa menyusuri labirin tersebuh mulai dari pintu masuk hingga berusaha menemukan pintu keluarnya. Walau terlihat mudah,  namun banyak jebakan yang harus diwaspadai. Jika tidak, maka pengunjung bisa saja tersesat atau memutar-mutar di dalamnya.

Begitu sampai di pintu keluar labirin, wisatawan menemukan pusat dari Simalem Resort yang bernama “Fountain of Wealth”. Bentuknya adalah tugu air mancur. Lokasi ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berburu foto kekinian.

8. Kampung Wisata Bunga Bangun Sari

Kampung Wisata Bunga Bangun Sari

Kampung Wisata Bunga terletak di Gang Madirsan, Desa Bangun Sari, Medan. Di sana akan ada gapura besar bertuliskan nama Wisata Bunga Bangun Sari.

Wisatawan yang datang di sepanjang jalan Gang Madirsan akan disambut dengan berbagai macam tanaman dan bunga-bunga yang disusun sangat rapi. Wajar saja, karena pada dasarnya kampung tersebut sebagian besar adalah petani bunga. Hal ini yang menjadikan kawasan ini sangat sejuk dan memanjakam mata. Wajar jika kawasan tersebut biasanya macet karena banyaknya wisatawan.

Di sana wisatawan tidak hanya bisa memandang pemandangan indah, melainkan juga bisa berbelanja tanaman dan bunga-bungaan. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto-foto.

Nah, itulah sekilas gambaran Pesona Indonesia mengenai Taman Bunga di Medan yang Wajib Dikunjungi – Indonesia. Bagaimana Anda tertarik mengunjungi tempat wisata yang sangat indah ini ?? Ayo Telusuri Indonesiamu.