Pulau Belitung Laskar Pelangi

Pulau Belitung Laskar Pelangi

Pesonaindonesia.org – Untuk sampai ke Pulau Belitung, ada dua akses, yaitu dengan pesawat dan dengan perahu. Namun, untuk perjalanan kami sarankan menaiki pesawat. Karena bepergian dengan kapal memerlukan banyak waktu, sedangkan dengan pesawat kita hanya perlu 1 jam dari bandara Jakarta Soekarno Hatta. Ke bandara Hanadjoedin di kota Tanjung Pandan (Belitung).

Dari Kota Tanjung pandan kita dapat langsung berwisata ke pantai-pantai yang eksotis di belitung, seperti pantai tanjung kelayang ataupun tanjung tinggi. Kira-kira 1 jam perjalanan

Jika anda ingin menuju pulau burung atau pulau lengkuas, dari belitung dapat kita tempuh melalui pantai tanjung kelayang dengan menyewa perahu nelayan.

Di belitung makanan yang terkenal selain seafood adalah mie belitung. rasanya sedap, tampilan nya menarik dan harganya pas dikantong. Dibawah 10ribu rupiah per porsinya. Mie belitung merupakan mie berkuah, dimana kuahnya terasa manis dan sedikit kental. Selain itu sebagai pelengkap juga dapat kita jumpai kentang, tahu dan udang. Sangat nikmat untuk sarapan pagi. Anda harus coba mie belitung

Pantai Tanjung Tinggi, Laskar Pelangi
Anda tahu film Laskar pelangi ? nah salah satu tempat syutingnya adalah di pantai tanjung tinggi – belitung. Pantai ini berpasir putih dan mempunyai batu granit yang paling besar diantara pantai lainnya. Di sore hari dapat kita jumpai keluarga ataupun anak-anak sedang bermain air di pantai ini. Di tanjung tinggi – belitung ini dapat kita jumpai banyak restoran seafood. Yang menjual aneka hidangan seafood, dan tentunya kelapa muda. Nikmat bukan berada di pantai yang indah dan menikmati kelapa muda yang segar ?

Pantai Tanjung kelayang
Dari pantai ini dapat kita lihat tersebar ratusan batuan granit di laut maupun di pantai, pantai ini diberi nama pantai tanjung kelayang, karena dapat kita lihat batu granit besar yang bentuknya seperti burung kelayang. Yang memang burung ini banyak dapat dijumpai di pantai ini.

Pulau Lengkuas dan pulau burung
Nah ini dia the bestnya belitung. pulau ini dapat kita kunjungi via tanjung kelayang yaitu dengan menyewa perahu nelayan.

Dibutuhkan waktu kira-kira ½ jam untuk mencapai pulau ini, di perjalanan dapat kita lihat batu-batu granit besar yang tersebar di lautan. Dan bentuknya pun aneh-aneh, air nya biru, langitnya biru. Mantap. Jika anda menerawang ke dalam lautan, anda akan takjub karena didalam laut pun ternyata banyak batu-batu granit.

Oh ya bagi yang belum tahu Fungsi dari mercu suar adalah membantu navigasi kapal laut. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak kapal laut yang tidak menggunakan mercu suar, karena sudah menggunakan teknologi GPS (global positioning satellite)

Pantai Burung Mandi. Merupakan sebuah pantai pasir putih di belitung, namun yang anehnya tidak ditemui satupun batu granit besar seperti di tanjung tinggi ataupun tanjung kelayang. Di pantai ini juga dapat kita jumpai kedai-kedai yang menjual kelapa muda, Pantai ini diberi nama burung mandi karena pantai ini dekat dengan gunung burung mandi.

Di dekat pantai burung mandi ada sebuah vihara kwan im. Vihara ini sangat terkenal di belitung. Bahkan kami sempat berbincang –bincang dengan salah satu pengurusnya., Ia bertanya kepada kami “pernah lihat saya” kami serempak geleng-geleng kepala, lalu ia bilang“ saya sering masuk TV diwawancara, vihara ini sering masuk TV” , dalam hati berkata “oh ya masa sih”.

Selain pantai burung mandi dan vihara kwan im, ada lagi satu tempat yang mesti dikunjungi di belitung karena letaknya sangat dekat. Yaitu pantai bukit berbatu. Masih sama seperti pantai lainnya dapat kita jumpai pasir putih dan batu granit besar. Tetapi bedanya didekat pantai terdapat batu batuan yang seperti bukit dimana diatasnya terdapat gazebo untuk bersantai. Dan memandang laut lepas dari ketinggian. Disini juga terdapat sebuah restoran.

Dan yang terakhir Jalan-jalan ke pantai harus lihat sunset, tempat yang paling pas untuk lihat sunset di belitung adalah di pantai tanjung pandan – belitung. Karena pantai ini tepat menghadap barat. Pantai ini pun sangat dekat dengan kota tanjung pandan, dapat ditempuh dalam waktu 5 menit saja dari pusat kota. Pantai ini dikala pagi hari akan surut, namun disore hari akan pasang.

Related posts