Keindahan Kota Wisata Kaliurang

Keindahan Kota Wisata Kaliurang

Keindahan Kota Wisata Kaliurang – Kontur wilayah yang berada di dataran tinggi membuat suhu udara di kawasan wisata Kaliurang begitu sejuk dengan kisaran suhu antara 20 hingga 25 derajat Celcius. Destinasi wisata Kaliurang menyuguhkan Anda akan sebuah keindahan alam nan memikat di kaki Gunung Merapi Yogyakarta. Inilah salah satu pesona dari sejumlah tempat wisata di Jogja yang populer di kalangan penikmat perjalanan. Secara administratif, Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini berada di ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut pada arah selatan Gunung Merapi dan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

Perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang memberikan Anda suguhan panorama yang mengagumkan, dengan gunung menjulang tinggi, bentang alam nan hijau di sebelah kanan dan kiri jalan, serta udara yang begitu segar. Belum lagi aneka taman bermain di Kaliurang dan hiburan perjalanan alam yang menyenangkan. Inilah sebab mengapa Kaliurang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang favorit di Jogja dan pilihan tepat untuk wisata anak – anak Anda di alam terbuka. Eksistensi objek wisata yang satu ini telah berlangsung sejak zaman Belanda ada di Indonesia. Di masa itu, Kaliurang adalah salah satu tempat tujuan peristirahatan para nyonya dan mener Belanda. Di masa kini, infrastruktur dan fasilitas publik di kawasan Kaliurang terjaga sedemikian baik dan semakin lengkap serta menjadi salah satu objek wisata andalah Kabupaten Sleman.

Di kawasan wisata Kaliurang, tedapat banyak tempat wisata kuliner bahkan untuk urusan yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Akan sangat tepat jika Anda juga turut mencoba sejumlah kuliner khas Kaliurang, beberapa di antaranya adalah sate kelinci dan makanan lainnya. Oleh – oleh khas Kaliurang yang paling sering dibeli wisatawan yang datang kesana adalah jadah dan tempe bacem. Jadah ini adalah makanan tradisional yang terbuat hanya dari beras ketan. Sementara tempe bacem adalah tempe yang dimasak dengan bumbu utama gula merah.

Keindahan Kota Wisata Kaliurang

Keindahan Kota Wisata Kaliurang

Jika Anda bersama keluarga atau datang dalam sebuah rombongan wisata ke Kaliurang, jangan pula lewatkan untuk menaiki sebuah kereta unik, masyarakat lokal menamainya Kereta Kelinci. Kereta ini akan membawa Anda dan rombongan mengitari kawasan Kaliurang. Anda dapat menemukan Kereta Kelinci ini di terminal Kaliurang. Untuk satu kali putaran, rute yang akan dilewati adalah terminal Kaliurang – Taman Bermain – Gardu Pandang – Wisma Kaliurang – Bumi Perkemahan – Taman Wisata Plawangan Turgo. Soal harga, jangan khawatir sebab ongkosnya sungguh murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 per orang untuk dapat menikmati perjalanan menggunakan Kereta Kelinci ini.

Tidak hanya Kereta Kelinci, Anda dapat menyewa mobil Land Rover yang akan membawa Anda berpetualang mengelilingi Kaliurang, dari area terjangan lahar Merapi hingga ziarah ke makam Mbah Marijan. Tersedia sejumlah pilihan rute yang diinginkan dan satu mobil dapat menampung hingga 7 orang. Bagi Anda yang suka untuk berkemah, di Kaliurang juga terdapat bumi perkemahan yang dapat Anda gunakan. Lazimnya, bumi perkemahan ini dipergunakan bagi acara camping anak – anak Pramuka. Namun, tempat ini juga sangat terbuka bagi siapapun yang ingin menikmati camping di Kaliurang.

Keindahan Kota Wisata Kaliurang

Area wisata Kaliurang juga memiliki sejumlah tempat peribadatan bagi Anda, dari masjid hingga gereja dapat Anda temukan di Kaliurang. Salah satu spot menarik dan kerap menjadi kunjungan religi para wisatawan adalah Bukit Doa Emalta. Inilah tempat di mana wisatawan yang beragama Nasrani datang dan berdo’a di tempat ini.

Baca juga :

Related posts